Langsung ke konten utama

4 Manfaat Daun Kenikir, Sayuran yang Kerap Disantap Sebagai Lalapan

Hasil gambar untuk daun kenikir



Berbagai manfaat daun kenikir bagi kesehatan



Setelah mengetahui segudang kandungan zat gizi dalam sayuran yang satu ini, mungkin Anda masih bertanya-tanya khasiat apa lagi yang dimiliki ulam raja sehingga membuatnya patut dijadikan selingan menu makan harian keluarga.
Nah, berikut beberapa manfaat daun kenikir untuk membantu menunjang kesehatan tubuh:
1. Kaya akan antioksidan
Antioksidan adalah senyawa unik yang bertugas untuk menangkal efek buruk dari serangan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Jika tidak segera dihentikan, radikal bebas ini dapat berkembang menjadi berbagai penyakit kronis yang merugikan kesehatan.
Sebenarnya, tubuh manusia memiliki kemampuan alami untuk menghasilkan antioksidan sendiri. Sayangnya, jumlah yang diproduksi tubuh kadang tidak cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan optimal, sehingga dibutuhkan asupan antioksidan dari luar.
Buah dan sayur-sayuran merupakan penyumbang antioksidan terbaik yang mudah didapatkan, salah satunya termasuk daun kenikir. Menurut hasil penelitian yang dimuat dalam Global Journal of Pharmacology, dari sekitar 37 jenis sayuran mentah yang diujicobakan, daun kenikir atau ulam raja ternyata mengandung jenis antioksidan flavonoid yang tinggi.
Para peneliti meyakini bahwa jenis antioksidan yang terkandung dalam sayuran ini berdampak positif untuk mencegah gangguan pencernaan. Selain itu, daun ulam raja turut dilengkapi dengan senyawa fenol (sejenis flavonoid) yang berpotensi berkhasiat sebagai bahan dasar obat-obatan.
2. Mencegah penyakit hipertensi
Daun ulam raja digadang-gadang memiliki efek antihipertensi, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh Anda yang berisiko terkena maupun ingin mencegah hipertensi. Terbukti bahwa ekstrak daun ulam raja dapat menghambat peningkatan frekuensi detak jantung pada hewan coba, menurut penelitian Journal of Research in Medical Sciences.
Jika dibandingkan, hasil penelitian tersebut setara dengan efek yang ditimbulkan dari obat antihipertensi. Di sisi lain, ada hal menarik lagi yang semakin memperkuat manfaat daun kenikir untuk mencegah hipertensi. Sayuran ini ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah berkat efek diuretik yang dimilikinya.
3. Menurunkan risiko penyakit diabetes
Masih dalam penelitian dengan jurnal yang sama, mendapatkan manfaat daun kenikir lainnya yang memiliki efek antidiabetes. Hasil tersebut didapat setelah para peneliti menemukan adanya penurunan gula darah yang cukup signifikan, pada hewan coba dengan berat obesitas yang sebelumnya telah diberi ekstrak daun ulam raja.
Ini dikarenakan daun ulam raja memiliki enzim yang mampu menghambat penyerapan glukosa di dalam sistem pencernaan. Lebih dari itu, daun ulam raja ini juga berpotensi mengelola kondisi hiperglikemia atau kadar gula darah terlalu tinggi di dalam tubuh.
4. Mencegah osteoporosis
Osteoporosis merupakan penyakit yang rentan terjadi di usia lanjut. Dalam hal ini, manfaat daun kenikir dipercaya dapat membantu mencegah osteoporosis pada wanita yang sudah mengalami menopause berkat kemampuannya dalam melindungi fungsi dan kondisi tulang.
Selama sekitar 8 minggu, sekelompok hewan coba yang memiliki perubahan komposisi tulang menyerupai pengeroposan tulang pada wanita menopause, telah diberikan ekstrak daun ulam raja. Alhasil, diperoleh kesimpulan bahwa volume dan komposisi tulang hewan coba tersebut secara umum dapat membaik secara bertahap.
Di samping itu, manfaat daun kenikir juga ditemukan dapat meningkatkan jumlah mineral, volume osteoid, serta osteoblas di dalam tulang. Meningkatkan tiga komposisi tulang ini dapat merangsang pembentukan dan perbaikan kondisi tulang dalam tubuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terkenal Sebagai Olahan Susu, Ini 10 Manfaat Kedelai untuk Kesehatan

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan kedelai. Kacang yang satu ini biasa diolah menjadi susu atau bahan makanan ringan. Kedelai yang tinggi protein ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan. Simak manfaat kedelai serta berbagai hal lain yang perlu Anda ketahui tetang kedelai berikut ini! Kandungan Kedelai Kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kedelai memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap dengan kandungan protein yang tinggi dan diseimbangi dengan karbohidrat dan lemak yang lebih rendah. Kandungan lemak yang ada dalam kedelai adalah asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda seperti omega-3 dan omega-6. Kedelai memiliki kandungan vitamin meliputi vitamin K, folat, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B1, dan sedikit vitamin C, vitamin B3, vitamin E, dan vitamin B5. Sedangkan mineral yang terkandung dalam kedelai antara lain seperti mangan, zat besi,

Keuntungan Menjadi Seorang Vegetarian

Menjadi seorang vegetarian merupakan salah satu pilihan hidup sehat. Mereka yang vegetarian hanya akan mengkonsumsi asupan makanan nabati dan meninggalkan protein dari daging-dagingan. Gaya hidup vegetarian selain menyelamatkan satwa langka juga ternyata memiliki banyak manfaat yang menguntungkan. Apa saja keuntungan - keuntungan yang di dapat oleh seseorang vegetarian? 1. Menerapkan gaya hidup sehat Pola makan vegetarian berarti megurangi asupan lemak dengan kolesterol serta membuat tubuh mendapatkan lebih banyak nutrisi dan vitamin. Saat menjadi vegetarian secara otomatis asupan makanan berupa sayuran segar serta buah-buahan. Nutrisi dan vitamin dari sayuran dan buah segar membuat tubuh lebih sehat dan bisa terhindar dari berbagai penyakit. 2. Kulit lebih sehat Mengkonsumi sayuran yang mengandung banyak mineral bisa mempercantik dan menyehatkan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan mineral serta antioksidan dapat melancarkan sirkulasi darah dan menjaga pigmen kul

Tugas UAS Cyberpreneurship

Digital Marketing Diajukan Mata kuliah Cyberpreunership   Nama : 1 0 Reza Ardiansah Pratama (AA) FAKULTAS   TEKNOLOGI INFORMASI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS BUDI LUHUR 2019 Abstrak Cyber preneurship adalah usaha-usaha yang dilakukan untuk menghasilkan keuntungan. jadi cyberpreneurship bisa dikatakan usaha-usaha yang dilakukan melalui medium internet (HTTP) untuk untuk menghasilkan keuntungan Beragam cara mulai dari metode marketing, pemanfaatan teknologi, dan perpaduan keduanya yang melahirkan istilah-istilah SEO(Search Engine Optimizer), Affiliate dan Adsense. Technopreneurship adalah ebuah proses dalam pembentukan usaha baru yang melihat teknologi sebagai basisnya, dengan harapan bahwa penciptaan strategi dan inovasi yang tepat kelak bisa menempatkan teknologi sebagai salah satu faktor untuk pengembangan ekonomi Nasional. Website dan Blog Menyajikan informasi yang berguna Traffic yang tinggi Me