Digital Marketing
Diajukan Mata kuliah
Cyberpreunership
Nama : 10 Reza Ardiansah Pratama (AA)
FAKULTAS
TEKNOLOGI INFORMASI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS BUDI LUHUR
2019
Abstrak
Cyberpreneurship adalah usaha-usaha yang dilakukan
untuk menghasilkan keuntungan.
jadi cyberpreneurship bisa dikatakan
usaha-usaha yang dilakukan melalui medium internet (HTTP) untuk untuk
menghasilkan keuntungan
Beragam
cara mulai dari metode marketing, pemanfaatan teknologi, dan perpaduan keduanya
yang melahirkan istilah-istilah SEO(Search Engine Optimizer), Affiliate dan
Adsense.
Technopreneurship
adalah ebuah proses dalam pembentukan usaha baru yang melihat teknologi sebagai
basisnya, dengan harapan bahwa penciptaan strategi dan inovasi yang tepat kelak
bisa menempatkan teknologi sebagai salah satu faktor untuk pengembangan ekonomi
Nasional.
Website dan Blog
Website dan Blog
- Menyajikan
informasi yang berguna
- Traffic
yang tinggi
- Memasarkan
produk
- Search
engine friendly:
- Adsense
- Adwords
untuk promosi
- Menjual
produk atau jasa
- Affiliate
- Referral
- Content
– Traffic – Presell – Monetize\
Content
- Mengembangkan
berbagai website
- Tujuannya
lebih kearah penyedia berita, layanan sms, layanan diskusi, layanan
direktori atau hal umum yang diinginkan orang lain
Website:
- Katalog
- Online
store
- Lelang
Blog
- Forum
Jasa :
- jasa
membuat website, program
- Mengembangkan
ruang iklan
- Dengan
script yang sudah ada
- Dengan
menyediakan ruang iklan baris
Traffic
- Search
engine
- Pasang
iklan/adwords yang tepat adalah di google adwords untuk bisa mendapatkan
pengunjung yang banyak.
Kata
Pengantar
Alhamdulillahi Robbil ‘Alami,
Segala puji bagi Allah SWT Tuhan Semesta Alam. Atas segala karunia nikmatNya sehingga
saya dapat menyusun makalah ini dengan sebaik-baiknya. Makalah yang berjudul
“Tutorial membuat marketplace dan channel youtube” disusun dalam rangka
memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Cyberpreunership yang diampu oleh
Bapak Subandi M.KOM
Makalah ini berisi Cara membuat marketplaceonline channel
youtube blogspot dan lain-lain . Dalam penyusunannya melibatkan berbagai pihak.
Oleh sebab itu saya mengucapkan banyak terima kasih atas segala kontribusinya
dalam membantu penyusunan makalah ini.
Makalah ini dapat
diselesaikan tepat pada waktunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari
berbagai pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Untuk itu kami
ucapkan terima kasih.
Penulis menyadari bahwa masih
banyak kesalahan dalam penyusunan makalah ini, baik dari segi EYD, kosa kata,
tata bahasa, etika maupun isi. Oleh karenanya penulis sangat mengharapkan
kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian untuk kami jadikan
sebagai bahan evaluasi.
Demikian, semoga makalah ini
dapat diterima sebagai ide/gagasan yang menambah kekayaan intelektual bangsa.
Jakarta, 13 Mei
2019
Penulis
Daftar isi
HALAMAN JUDUL
Abstrak………………………………………………………………………………….. 1
KATA PENGANTAR……………………………………………….. ………………… 2
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Pendahuluan…………………………………………………………………………. 4
1.2 Latar belakang ………………………………………………………………………. 5
BAB II PEMBAHASAN
Landasan teori
…………………………………………………………………………… 6
Bab III IMPLEMENTASI
3.1 Tutorial market
place ………………………………………………………………… 8
3.2 Tutorial channel
youtube …………………………………………………………….. 9
Bab IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan …………………………………………………………………………...
11
4.2 Daftar Pustaka
…………………………….………………………………………… 12
Bab
I
Pendahuluan
1.1 Pendahuluan
Peningkatan teknologi
komputer, terutama internet, untuk melakukan usaha/bisnis, mempromosikan bisnis
atau bisa juga disebut ber wirausaha.
dalam tulisan ini tidak ada benar atau salah, di sini hanya sebatas yang saya pahami tentang cyberpreneurship.
dalam tulisan ini tidak ada benar atau salah, di sini hanya sebatas yang saya pahami tentang cyberpreneurship.
Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya
dunia baru yang disebut dunia maya. Di dunia maya,setiap individu memiliki hak
dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang
dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di
dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek
kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis
merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi
informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh .
1.2 Latar Belakang
Diera Globalisasi ini dunia maya
/cyber merupakan sebuah kebutuhan bagi kehidupan manusia dan menjadi penghubung
komunikasi manusia dan menjadi penghubung komunikassi manusia satu dengan yang
lain tanpa dibatasi jauh dan jarak.kondisi ini bukan tanpa efek negative
keamanan cyber kebutuhan nyata dan sangat mendesak karena mendesak karena efek
yang ditimbulkan cyberime dapat merusak atau mengacaukan kehidupan masyarakat
bahkan Negara dan dunia internasional .
Pengaruh dari isu cyber
security/cyber defense ini bagi situasi keamanan internasional bagi situasi
keamanan internasional adalah bisa menciptakan ketengangan antar Negara –negara
dan mengangu stabilitas keamanan dan menimbulkan dampak sosial ,ekonomi ,dan
bisa mengangu hubungan antar Negara.
Bab II
Landasan Teori
Cyberpreneurship adalah
usaha-usaha yang dilakukan untuk menghasilkan keuntungan. jadi cyberpreneurship bisa
dikatakan usaha-usaha yang dilakukan melalui medium internet (HTTP) untuk
menghasilkan keuntungan
SEO adalah sebuah
proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas ) sebuah situs web
atau sebuah situs web atau sebuah halaman web .
Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan
misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Sejak didirikan pada tahun
2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh
tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.
Tokopedia memiliki bisnis marketplace terdepan
di Indonesia yang memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk
membuka dan mengelola toko daring. Hingga saat ini, Tokopedia menjadi marketplace yang
paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Sejak diluncurkan, layanan
dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis.
Dengan visi "Membangun sebuah ekosistem
dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apapun ", Tokopedia telah
memberdayakan jutaan pedagang dan konsumen untuk berpartisipasi dalam masa
depan perekonomian. Tokopedia secara konsisten mendukung para pelaku Usaha
Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka
dengan memasarkan produk secara daring.
Usaha ini juga terlihat dari berbagai program
yang dibuat maupun diinisiasi oleh Tokopedia dengan bekerjasama dengan
Pemerintah dan pihak-pihak lainnya. Salah satu program kolaborasi yang
diinisasi oleh Tokopedia adalah acara tahunan MAKERFEST yang diadakan sejak
bulan Maret 2018. Acara yang diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia
ini merupakan panggung perayaan kreasi lokal yang bertujuan untuk mendorong
pertumbuhan industri kreatif dalam negeri.
Sejak tahun 2018, Tokopedia juga menghadirkan
Tokopedia Center. Experience center ini telah diluncurkan di
beberapa kota di Indonesia, dua diantaranya adalah Boyolali dan Padang. Melalui
Tokopedia Center, pengunjung dapat melakukan transaksi secara online-to-offline (O2O),
membayar tagihan, membeli tiket, mendapatkan informasi mengenai cara
menggunakan aplikasi Tokopedia, belanja secara interaktif, sampai mencari
inspirasi untuk memulai usaha daring secara gratis.
Tokopedia memudahkan seluruh masyarakat
Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk mendapatkan kebutuhan mereka. Selain
berperan sebagai marketplace pertama yang menerapkan sistem escrow atau
rekening bersama di Indonesia, Tokopedia juga menjadi perusahaan teknologi
pertama di Indonesia yang memperkenalkan pengentaran instan melalui kemitraan
dengan perusahaan transportasi daring. Hal ini memungkinkan konsumen untuk
mendapatkan barang dengan cepat.
YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh
tiga mantan karyawan PayPal pada
Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan
berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe
Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten
video buatan
pengguna/kreator, termasuk klip film,
klip TV, dan video musik.
Selain itu, konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek,
dan video pendidikan juga ada dalam situs ini.
Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun
perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan
organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian
dari program kemitraan YouTube. Pengguna tak terdaftar dapat menonton
video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak
terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton
oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006,
YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan
nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.
Bab III
Implementasi
3.1 Tutorial Tokopedia
- Untuk memulai membuat toko
Anda, klik ikon menu pada pojok kiri atas.
- Pada halaman informasi toko,
isilah nama toko dan domain toko yang Anda inginkan. Informasi ini akan
bersifat permanen dan tidak dapat Anda ubah di kemudian hari.
- Kemudian klik Buka
Toko.
- Pilih Lengkapi
Informasi Toko.
- Pada halaman ini, lengkapi
informasi toko Anda berupa slogan toko, deskripsi toko dan logo toko.
- Informasi toko dapat Anda
lengkapi paling telat tujuh hari setelah Anda mengisi nama dan domain
toko. Apabila telah melewati tujuh hari tanpa melengkapi slogan,
deskripsi, dan logo toko, maka pembuatan akun toko Anda akan dibatalkan
secara otomatis.
- Lengkapi informasi
pengiriman dengan klik Pilih dari Daftar Alamat.
3.2 Cara membuat channel youtube
·
Langkah pertama dalam membuat
akun atau channeladalah dengan mengunjungi halaman Youtube terlebih
dahulu.
·
Jika kamu sudah mengunjungi
halaman yang dituju kemudian klik bagian ‘Sign In’ yang berada di pojok
kanan atas layar.
·
Kemudian, masukkan email ke
halaman Youtube tersebut. Pastikan email tersebut benar-benar
aktif dan dibuat khusus untuk channel Youtube saja, sehingga
tidak membingungkan aktivitas lainnya.
Setelah halaman Youtube berhasil dibuat, klik foto yang ada di pojok kanan
atas dan klik bagian ‘Settings’. Dari sana kemudian muncul pengaturan
akun dan kamu bisa memilih ‘Create a New Channel’ untuk
·
Jika kamu sudah mengunjungi
halaman yang dituju kemudian klik bagian ‘Sign In’ yang berada di pojok
kanan atas layar.
·
Kemudian, masukkan email ke
halaman Youtube tersebut. Pastikan email tersebut benar-benar
aktif dan dibuat khusus untuk channel Youtube saja, sehingga
tidak membingungkan aktivitas lainnya.
·
Setelah halaman Youtube berhasil
dibuat, klik foto yang ada di pojok kanan atas dan klik bagian ‘Settings’.
Dari sana kemudian muncul pengaturan akun dan kamu bisa memilih ‘Create a New
Channel’ untuk membuat channelbaru.
·
Setelah muncul pilihan ‘Create
Channel’, kamu wajib mengisikan nama untuk channel tersebut.
Sebaiknya gunakan nama yang sesuai dengan isi konten yang ada dan pilihlah nama
yang mudah diingat dan tetap unik.
·
Bila kamu ingin menggunakan channel Youtube
untuk bisnis, maka bisa klik tulisan ‘Use a Bussiness or Other Name’
yang berwarna biru. Kamu juga perlu memasukkan nama brand yang
diinginkan saat masuk laman ‘Brand Account’ dan klik tombol ‘Create’.
·
Channel kamu pun
sudah dibuat, dan selanjutnya kamu bisa mengisinya dengan cara mengunggah video
yang sudah disiapkan.
Tips membuat channelkamu makin dikenal
Setelah kamu
berhasil mencoba cara membuat channel Youtube tersebut,
penting juga untuk memperhatikan beberapa tips berikut agar channelmu
makin dikenal banyak orang. Apa saja? Yuk simak!
- Buat judul menarik
Judul adalah
hal terpenting untuk menjelaskan mengenai video di channel Youtube
kamu. Selain judul juga terdapat deskripsi yang perlu kamu tuliskan.
Rekomendasi dari Google menyarankan sebaiknya karakter di channel Youtube
tidak lebih dari 1000 karakter. Dalam membuat deskripsi maupun judul sebaiknya
gunakan kata-kata interaktif dan tidak membingungkan.
- Gunakan Kata ‘Video’
Erick Freeman,
seorang pakar dari The Search Agency menganjurkan dalam
membuat judul di channel Youtube sebaiknya sematkan kata
‘video’. Meskipun hal ini terlihat sepele tetapi memberikan dampak yang sangat
besar. Sebagian besar orang mencari konten di Youtube memasukkan kata ‘video’
dalam judul. Contohnya saja adalah ‘video tutorial kecantikan terkini’
- Pakai keywords
Biasanya keywords banyak
digunakan dalam menulis artikel agar mendapatkan peringkat teratas di halaman
hasil pencarian Google. Ternyata, menggunakan keywords juga
penting untuk diterapkan dalam membuat judul video channel Youtube
kamu. Untuk mengetahui keywords yang paling sering digunakan,
kamu bisa menggunakan tools seperti Google AdWords atau
Wordtracker.
Semoga panduan
dan cara membuat channel Youtube di atas dapat membantu kamu
dalam mengembangkan bisnis dan keperluan promosi lainnya. Ingat, untuk
menunjang bisnis onlinetidak sekadar promosi melalui channel Youtube.
Kamu juga perlu memiliki website agar bisnis lebih kredibel.
Sebaiknya gunakan pula jasa
hosting terpercaya demi kemudahan dan keamanan situs bisnismu.
Bab IV
4.1 Kesimpulan
Peningkatan teknologi komputer, terutama
internet, untuk melakukan usaha/bisnis, mempromosikan bisnis atau bisa juga
disebut ber wirausaha.
dalam tulisan ini tidak ada benar atau salah, di sini hanya sebatas yang saya pahami tentang cyberpreneurship Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya. Di dunia maya,setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh. Technopreneurship adalah sebuah proses dalam pembentukan usaha baru yang melihat teknologi sebagai basisnya, dengan harapan bahwa penciptaan strategi dan inovasi yang tepat kelak bisa menempatkan teknologi sebagai salah satu faktor untuk pengembangan ekonomi Nasional.
dalam tulisan ini tidak ada benar atau salah, di sini hanya sebatas yang saya pahami tentang cyberpreneurship Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya. Di dunia maya,setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh. Technopreneurship adalah sebuah proses dalam pembentukan usaha baru yang melihat teknologi sebagai basisnya, dengan harapan bahwa penciptaan strategi dan inovasi yang tepat kelak bisa menempatkan teknologi sebagai salah satu faktor untuk pengembangan ekonomi Nasional.
2.
https;//dikimaulana.wordpress.com
4.
http;//www.nesabmdia.com
5.
http;//tiksite.blogspot.com
6.http://toffedev.com
link download file :
https://drive.google.com/open?id=1nXtFkZa5ethTPtrR57ZwtoQTmuVg_2V6
Komentar
Posting Komentar