Langsung ke konten utama

Tugas UAS Cyberpreneurship



Digital Marketing
Diajukan Mata kuliah Cyberpreunership







Image result for universitas budi luhur 





Nama : 10 Reza Ardiansah Pratama (AA)

FAKULTAS  TEKNOLOGI INFORMASI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS BUDI LUHUR
2019


Abstrak


Cyberpreneurship adalah usaha-usaha yang dilakukan untuk menghasilkan keuntungan.
jadi cyberpreneurship bisa dikatakan usaha-usaha yang dilakukan melalui medium internet (HTTP) untuk untuk menghasilkan keuntungan
Beragam cara mulai dari metode marketing, pemanfaatan teknologi, dan perpaduan keduanya yang melahirkan istilah-istilah SEO(Search Engine Optimizer), Affiliate dan Adsense.
Technopreneurship adalah ebuah proses dalam pembentukan usaha baru yang melihat teknologi sebagai basisnya, dengan harapan bahwa penciptaan strategi dan inovasi yang tepat kelak bisa menempatkan teknologi sebagai salah satu faktor untuk pengembangan ekonomi Nasional.

Website dan Blog
  • Menyajikan informasi yang berguna
  • Traffic yang tinggi
  • Memasarkan produk
  • Search engine friendly:

  • Adsense
  • Adwords untuk promosi
  • Menjual produk atau jasa
  • Affiliate
  • Referral
  • Content – Traffic – Presell – Monetize\
    Content

  • Mengembangkan berbagai website
  • Tujuannya lebih kearah penyedia berita, layanan sms, layanan diskusi, layanan direktori atau hal umum yang diinginkan orang lain
Website:
  • Katalog
  • Online store
  • Lelang Blog
  • Forum
Jasa : 
  • jasa membuat website, program
  • Mengembangkan ruang iklan
  • Dengan script yang sudah ada
  • Dengan menyediakan ruang iklan baris
Traffic

  • Search engine
  • Pasang iklan/adwords yang tepat adalah di google adwords untuk bisa mendapatkan pengunjung yang banyak.

Kata Pengantar
Alhamdulillahi Robbil ‘Alami, Segala puji bagi Allah SWT Tuhan Semesta Alam. Atas segala karunia nikmatNya sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan sebaik-baiknya. Makalah yang berjudul “Tutorial membuat marketplace dan channel youtube” disusun dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Cyberpreunership yang diampu oleh Bapak Subandi M.KOM
Makalah ini berisi  Cara membuat marketplaceonline channel youtube blogspot dan lain-lain . Dalam penyusunannya melibatkan berbagai pihak. Oleh sebab itu saya mengucapkan banyak terima kasih atas segala kontribusinya dalam membantu penyusunan makalah ini.
Makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Untuk itu kami ucapkan terima kasih.
Penulis menyadari bahwa masih banyak kesalahan dalam penyusunan makalah ini, baik dari segi EYD, kosa kata, tata bahasa, etika maupun isi. Oleh karenanya penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian untuk kami jadikan sebagai bahan evaluasi.
Demikian, semoga makalah ini dapat diterima sebagai ide/gagasan yang menambah kekayaan intelektual bangsa.

Jakarta,  13 Mei  2019

Penulis 








Daftar isi

HALAMAN JUDUL
Abstrak………………………………………………………………………………….. 1

KATA PENGANTAR……………………………………………….. ………………… 2

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Pendahuluan………………………………………………………………………….  4
1.2 Latar belakang  ………………………………………………………………………. 5
BAB II PEMBAHASAN
Landasan teori …………………………………………………………………………… 6
Bab III IMPLEMENTASI
3.1 Tutorial market place ………………………………………………………………… 8
3.2 Tutorial channel youtube …………………………………………………………….. 9 
Bab IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan …………………………………………………………………………...  11
4.2 Daftar Pustaka …………………………….………………………………………… 12






Bab I
Pendahuluan
1.1 Pendahuluan
Peningkatan teknologi komputer, terutama internet, untuk melakukan usaha/bisnis, mempromosikan bisnis atau bisa juga disebut ber wirausaha.
dalam tulisan ini tidak ada benar atau salah, di sini hanya sebatas yang saya pahami tentang cyberpreneurshi
p.
 Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya. Di dunia maya,setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh .



1.2 Latar Belakang 
Diera Globalisasi ini dunia maya /cyber merupakan sebuah kebutuhan bagi kehidupan manusia dan menjadi penghubung komunikasi manusia dan menjadi penghubung komunikassi manusia satu dengan yang lain tanpa dibatasi jauh dan jarak.kondisi ini bukan tanpa efek negative keamanan cyber kebutuhan nyata dan sangat mendesak karena mendesak karena efek yang ditimbulkan cyberime dapat merusak atau mengacaukan kehidupan masyarakat bahkan Negara dan dunia internasional .
Pengaruh dari isu cyber security/cyber defense ini bagi situasi keamanan internasional bagi situasi keamanan internasional adalah bisa menciptakan ketengangan antar Negara –negara dan mengangu stabilitas keamanan dan menimbulkan dampak sosial ,ekonomi ,dan bisa mengangu hubungan antar Negara. 


Bab II
Landasan Teori

Cyberpreneurship adalah usaha-usaha yang dilakukan untuk menghasilkan keuntungan. jadi cyberpreneurship bisa dikatakan usaha-usaha yang dilakukan melalui medium internet (HTTP) untuk menghasilkan keuntungan
SEO adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas ) sebuah situs web atau sebuah situs web atau sebuah halaman web .
Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.
Tokopedia memiliki bisnis marketplace terdepan di Indonesia yang memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring. Hingga saat ini, Tokopedia menjadi marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Sejak diluncurkan, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis.
Dengan visi "Membangun sebuah ekosistem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apapun ", Tokopedia telah memberdayakan jutaan pedagang dan konsumen untuk berpartisipasi dalam masa depan perekonomian. Tokopedia secara konsisten mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring.
Usaha ini juga terlihat dari berbagai program yang dibuat maupun diinisiasi oleh Tokopedia dengan bekerjasama dengan Pemerintah dan pihak-pihak lainnya. Salah satu program kolaborasi yang diinisasi oleh Tokopedia adalah acara tahunan MAKERFEST yang diadakan sejak bulan Maret 2018. Acara yang diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia ini merupakan panggung perayaan kreasi lokal yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan industri kreatif dalam negeri.
Sejak tahun 2018, Tokopedia juga menghadirkan Tokopedia Center. Experience center ini telah diluncurkan di beberapa kota di Indonesia, dua diantaranya adalah Boyolali dan Padang. Melalui Tokopedia Center, pengunjung dapat melakukan transaksi secara online-to-offline (O2O), membayar tagihan, membeli tiket, mendapatkan informasi mengenai cara menggunakan aplikasi Tokopedia, belanja secara interaktif, sampai mencari inspirasi untuk memulai usaha daring secara gratis.
Tokopedia memudahkan seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk mendapatkan kebutuhan mereka.  Selain berperan sebagai marketplace pertama yang menerapkan sistem escrow atau rekening bersama di Indonesia, Tokopedia juga menjadi perusahaan teknologi pertama di Indonesia yang memperkenalkan pengentaran instan melalui kemitraan dengan perusahaan transportasi daring. Hal ini memungkinkan konsumen untuk mendapatkan barang dengan cepat.
YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna/kreator, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu, konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan juga ada dalam situs ini.
Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBSBBCVevoHulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.



Bab III
Implementasi

3.1 Tutorial Tokopedia
  1. Untuk memulai membuat toko Anda, klik ikon menu pada pojok kiri atas.
  2. Pada halaman informasi toko, isilah nama toko dan domain toko yang Anda inginkan. Informasi ini akan bersifat permanen dan tidak dapat Anda ubah di kemudian hari.
  3. Kemudian klik Buka Toko.
  4. Pilih Lengkapi Informasi Toko.
  5. Pada halaman ini, lengkapi informasi toko Anda berupa slogan toko, deskripsi toko dan logo toko.
  6. Informasi toko dapat Anda lengkapi paling telat tujuh hari setelah Anda mengisi nama dan domain toko. Apabila telah melewati tujuh hari tanpa melengkapi slogan, deskripsi, dan logo toko, maka pembuatan akun toko Anda akan dibatalkan secara otomatis.                                        
  7. Lengkapi informasi pengiriman dengan klik Pilih dari Daftar Alamat.           

 





3.2 Cara membuat channel youtube
·         Langkah pertama dalam membuat akun atau channeladalah dengan mengunjungi halaman Youtube terlebih dahulu.
·         Jika kamu sudah mengunjungi halaman yang dituju kemudian klik bagian ‘Sign In’ yang berada di pojok kanan atas layar.
·         Kemudian, masukkan email ke halaman Youtube tersebut. Pastikan email tersebut benar-benar aktif dan dibuat khusus untuk channel Youtube saja, sehingga tidak membingungkan aktivitas lainnya.
Setelah halaman Youtube berhasil dibuat, klik foto yang ada di pojok kanan atas dan klik bagian ‘Settings’. Dari sana kemudian muncul pengaturan akun dan kamu bisa memilih ‘Create a New Channel’ untuk
·         Jika kamu sudah mengunjungi halaman yang dituju kemudian klik bagian ‘Sign In’ yang berada di pojok kanan atas layar.
·         Kemudian, masukkan email ke halaman Youtube tersebut. Pastikan email tersebut benar-benar aktif dan dibuat khusus untuk channel Youtube saja, sehingga tidak membingungkan aktivitas lainnya.
·         Setelah halaman Youtube berhasil dibuat, klik foto yang ada di pojok kanan atas dan klik bagian ‘Settings’. Dari sana kemudian muncul pengaturan akun dan kamu bisa memilih ‘Create a New Channel’ untuk membuat channelbaru.
·         Setelah muncul pilihan ‘Create Channel’, kamu wajib mengisikan nama untuk channel tersebut. Sebaiknya gunakan nama yang sesuai dengan isi konten yang ada dan pilihlah nama yang mudah diingat dan tetap unik.
·         Bila kamu ingin menggunakan channel Youtube untuk bisnis, maka bisa klik tulisan ‘Use a Bussiness or Other Name’ yang berwarna biru. Kamu juga perlu memasukkan nama brand yang diinginkan saat masuk laman ‘Brand Account’ dan klik tombol ‘Create’.
·         Channel kamu pun sudah dibuat, dan selanjutnya kamu bisa mengisinya dengan cara mengunggah video yang sudah disiapkan.
Tips membuat channelkamu makin dikenal
Setelah kamu berhasil mencoba cara membuat channel Youtube tersebut, penting juga untuk memperhatikan beberapa tips berikut agar channelmu makin dikenal banyak orang. Apa saja? Yuk simak!
  • Buat judul menarik
Judul adalah hal terpenting untuk menjelaskan mengenai video di channel Youtube kamu. Selain judul juga terdapat deskripsi yang perlu kamu tuliskan. Rekomendasi dari Google menyarankan sebaiknya karakter di channel Youtube tidak lebih dari 1000 karakter. Dalam membuat deskripsi maupun judul sebaiknya gunakan kata-kata interaktif dan tidak membingungkan.
  • Gunakan Kata ‘Video’
Erick Freeman, seorang pakar dari The Search Agency menganjurkan dalam membuat judul di channel Youtube sebaiknya sematkan kata ‘video’. Meskipun hal ini terlihat sepele tetapi memberikan dampak yang sangat besar. Sebagian besar orang mencari konten di Youtube memasukkan kata ‘video’ dalam judul. Contohnya saja adalah ‘video tutorial kecantikan terkini’
  • Pakai keywords
Biasanya keywords banyak digunakan dalam menulis artikel agar mendapatkan peringkat teratas di halaman hasil pencarian Google. Ternyata, menggunakan keywords juga penting untuk diterapkan dalam membuat judul video channel Youtube kamu. Untuk mengetahui keywords yang paling sering digunakan, kamu bisa menggunakan tools seperti Google AdWords atau Wordtracker.
Semoga panduan dan cara membuat channel Youtube di atas dapat membantu kamu dalam mengembangkan bisnis dan keperluan promosi lainnya. Ingat, untuk menunjang bisnis onlinetidak sekadar promosi melalui channel Youtube. Kamu juga perlu memiliki website agar bisnis lebih kredibel. Sebaiknya gunakan pula jasa hosting terpercaya demi kemudahan dan keamanan situs bisnismu.





Bab IV
4.1 Kesimpulan
Peningkatan teknologi komputer, terutama internet, untuk melakukan usaha/bisnis, mempromosikan bisnis atau bisa juga disebut ber wirausaha.
dalam tulisan ini tidak ada benar atau salah, di sini hanya sebatas yang saya pahami tentang cyberpreneurship
Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya. Di dunia maya,setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh. Technopreneurship adalah sebuah proses dalam pembentukan usaha baru yang melihat teknologi sebagai basisnya, dengan harapan bahwa penciptaan strategi dan inovasi yang tepat kelak bisa menempatkan teknologi sebagai salah satu faktor untuk pengembangan ekonomi Nasional.



 4.2 Daftar pustaka
2. https;//dikimaulana.wordpress.com
4. http;//www.nesabmdia.com
5. http;//tiksite.blogspot.com
6.http://toffedev.com

link download file :
https://drive.google.com/open?id=1nXtFkZa5ethTPtrR57ZwtoQTmuVg_2V6



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terkenal Sebagai Olahan Susu, Ini 10 Manfaat Kedelai untuk Kesehatan

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan kedelai. Kacang yang satu ini biasa diolah menjadi susu atau bahan makanan ringan. Kedelai yang tinggi protein ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan. Simak manfaat kedelai serta berbagai hal lain yang perlu Anda ketahui tetang kedelai berikut ini! Kandungan Kedelai Kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kedelai memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap dengan kandungan protein yang tinggi dan diseimbangi dengan karbohidrat dan lemak yang lebih rendah. Kandungan lemak yang ada dalam kedelai adalah asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda seperti omega-3 dan omega-6. Kedelai memiliki kandungan vitamin meliputi vitamin K, folat, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B1, dan sedikit vitamin C, vitamin B3, vitamin E, dan vitamin B5. Sedangkan mineral yang terkandung dalam kedelai antara lain seperti mangan, zat besi,

Keuntungan Menjadi Seorang Vegetarian

Menjadi seorang vegetarian merupakan salah satu pilihan hidup sehat. Mereka yang vegetarian hanya akan mengkonsumsi asupan makanan nabati dan meninggalkan protein dari daging-dagingan. Gaya hidup vegetarian selain menyelamatkan satwa langka juga ternyata memiliki banyak manfaat yang menguntungkan. Apa saja keuntungan - keuntungan yang di dapat oleh seseorang vegetarian? 1. Menerapkan gaya hidup sehat Pola makan vegetarian berarti megurangi asupan lemak dengan kolesterol serta membuat tubuh mendapatkan lebih banyak nutrisi dan vitamin. Saat menjadi vegetarian secara otomatis asupan makanan berupa sayuran segar serta buah-buahan. Nutrisi dan vitamin dari sayuran dan buah segar membuat tubuh lebih sehat dan bisa terhindar dari berbagai penyakit. 2. Kulit lebih sehat Mengkonsumi sayuran yang mengandung banyak mineral bisa mempercantik dan menyehatkan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan mineral serta antioksidan dapat melancarkan sirkulasi darah dan menjaga pigmen kul